Blog Hijaukan-dunia ini tempat berbagi info pemandangan alam cara menjaga alam yang pastinya bermanfaat

Cara Bertanam Hidroponik Sistem Wick

Cara Bertanam Hidroponik Sistem Wick


Cara Bertanam Hidroponik Sistem Wick pasti kalian sudah sebagian udah yang tahu. Pada artikel ini akan di kasih tahu info lebih dalam tentang cara Menanam Hidroponik Melalu sistem wick yang mudah di buat rumah anda sendiri. Bahan wick biasanya terdapat di toko obat-obatan tanaman, atau kalian bisa membelinya secara online.Pada dasarnya ada 6 macam  jenis hidroponik sistem , termasuk Wick, Budaya Air, Ebb Aliran, tetes, Film Teknik Hara, dan aeroponik. 

Di antara berbagai macam-macam jenis sistem hidroponik, cara bertanam hidroponik  sistem Wick adalah jenis yang paling sederhana dan paling mudah untuk dikerjakan. Adapun ada cara bertanam hidroponik Wick sistem ada solusi pemberian nutrisi  lewat di media tumbuh melalui Sumbu yang digunakan sebagai reservoir. Sistem ini dapat menggunakan berbagai media tanam, misalnya Perlite, Vermiculite,  kerikil pasir, sekam bakar, dan serat/ serbuk kulit buah Kelapa. Cara bertanam hidroponik ini juga dikenal dengan sistem sumbu.

Cara Bertanam Hidroponik Sistem Wick

Cara Bertanam Hidroponik - Mekanisme Pembuatan

Pada Cara Bertanam Hidroponik Sistem Wick ini sumbu yang digunakan bisa dari sumbu kompor, kapas atau kain bekas. Akar tanaman tidak dicelupkan langsung ke dalam air, melainkan, mereka tumbuh dalam beberapa bahan penahan air seperti rockwool atau sabut kelapa. Cara bertanam hidroponik sistem sumbu adalah pasif, tidak ada energi atau listrik yang  digunakan untuk memberikan solusi nutrisi hidroponik pada tanaman jadi lebih hemat . Ujung sumbu ditempatkan dalam reservoir yang berisi larutan nutrisi. Ujung lain dari sumbu ditempatkan dalam media tanam, lebih dekat ke akar tanaman, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar. Karena tanaman membutuhkan lebih banyak air dan nutrisi, maka disusun sumbu dan ke penahan air media tanam oleh tindakan kapiler. Dengan demikian tanaman mengambil  larutan nutrisi  dari ujung-ujung sumbu dan media tanam yang terlewati oleh sumbu menjadi lembab.


Pada Hidroponik, ada kebutuhan besar untuk aerasi yang baik. Dalam sistem sumbu hidroponik udara tersedot oleh akar tanaman bersama dengan larutan nutrisi. Sebuah media tumbuh yang memadai juga membantu untuk memastikan bahwa tanaman menerima cukup udara. Dengan sistem hidroponik sumbu, sebagai reservoir akan habis, dapat diisi lagi dengan manual. Hal ini tidak perlu menggunakan pompa seperti yang dilakukan dalam  sistem hidroponik lainya.


Cara Bertanam Hidroponik Sistem Wick

Cara bertanam hidroponik sistem wick atau sumbu ini sangat mudah diterapkan terutama untuk tanaman hidroponik sayur seperti kangkung, sawi, seledri, pakcoy dan lain-lain.

Melihat betapa mudahnya membuat Cara Bertanam Hidroponik Sistem Wick sendiri ,yuk langsung membuat nutrisi hidroponik ,jika gak ada salahnya kan mencoba ? Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat kalian semakin gemar berkebun untuk membuat tanaman sistem wick. Jangan lupa, jika postingan ini menurut kalian bermanfaat, tapakan jejak kaki anda di kolom komentar. Semoga kita bisa bertemu kembali di postingan selanjutnya
.
Labels: Macam-Macam Hidroponik

Thanks for reading Cara Bertanam Hidroponik Sistem Wick. Please share...!

0 Comment for "Cara Bertanam Hidroponik Sistem Wick"

Back To Top